|

Sumut Kembangkan Kacang Macadamia

Teks Foto: Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, memukul gong tanda Pencanangan Pengembangan Tanaman Macadamia Untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan di fasilitas Persemaian Permanen Produksi dan Pengembangan Macadamia, Desa Hutaginjang, Tapanuli Utara, Kamis (27/6/2019). Foto Ist

Medan- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berkomitmen mengembangkan tanaman kacang Macadamia di sejumlah sentra pertanian.
“Kami bekerja sebaik-baiknya untuk bersama-sama dengan kepala daerah kabupaten/kota dalam mengembangkan Macadamia di daerah ini,” papar Gubsu Edy Rahmayadi, dalam acara Pencanangan Pengembangan Tanaman Macadamia Untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Fasilitas Persemaian Permanen, Produksi dan Pengembangan Macadamia di Desa Hutaginjang, Tapanuli Utara, Kamis (27/6/2019).

Ia menjelaskan, kacang Macadamia dapat merehabilitasi hutan dan menghijaukan lahan kritis, serta menjadi bahan pangan. Diharapkan, tanaman ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut. Apalagi, lanjutnya, kacang Macadamia memiliki sifat tahan api serta cocok ditanam di daerah tangkapan air, seperti kawasan Danau Toba yang rawan kebakaran.

"Macadamia juga mampu tumbuh di lahan kering, cocok dijadikan sebagai tanaman yang mampu menghijaukan kembali lahan yang sudah kritis. Apalagi, Sumut memiliki lahan kritis seluas 1,3 juta hektar," tuturnya.

Selain itu, kata Gubsu, kacang Macadamia juga memiliki fungsi ekonomi yang sangat menguntungkan. Harga jual Kacang Macadamia yang dapat dikonsumsi relatif tinggi, yakni mencapai Rp300.000-Rp500.000 per kg. Sementara, kacang Macadamia mulai dapat dipanen pada umur tanaman 5 tahun dengan produksi rata-rata satu pohon sebanyak 12-25 kg per tahun.

Guna merealisasikan komitmen ini, ditandatangani Nota Kesepahaman Bersama antara Pemprovsu, Jawa Barat, dan Pemkab Tapanuli Utara. MoU juga ditandatangani oleh Pemkab Humbahas, Samosir, Toba Samosir, Dairi, Karo, Simalungun, serta PT Inhutani IV dan Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Sekdaprov Sumut Sabrina. Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, juga dilakukan peninjauan ke fasilitas persemaian bibit tanaman Macadamia, di antaranya Germination House Mother Plant, Green House dan Rooting Green House.*** 

Komentar

Berita Terkini