|

DPW KSBN Sumut Dikukuhkan di Pasar Kamu Deliserdang

DPW KSBN Sumut saat dikukuhkan di Pasar Kamu kawasan Jalan Perintis Dusun II Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, Sabtu (20/08/2022). Foto Ist  

Pantai Labu- Dewan Pimpinan Wilayah Komite Seni Budaya Nusantara (DPW KSBN) Sumatera Utara (Sumut) dikukuhkan di Pasar Kamu (Pekan Sarapan Karya Anak Muda) kawasan Jalan Perintis, Dusun II Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (20/08/2022).

"Pengukuhan pengurus DPW KSBN Sumatera Utara ini yang paling berkesan karena diadakan out door, menyatu dengan masyarakat di Pasar Kamu," puji Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KSBN, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji.

Ia mengapresiasi kepada para seniman dan budayawan di Sumut, termasuk Wagubsu MUsa Rajekshah yang menggelar perhelatan tersebut. Hal ini mengingat, kegiatan di Pasar Kamu berbasis tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat. 

"Bukan sesuatu yang tidak bisa dijangkau, tapi sesuatu yang bisa dijangkau oleh masyarakat. Itulah yang kita harapkan pula dari Pengurus KSBN Sumut yang hari ini dilantik,” ujarnya.

Budaya, kata Hendardji, adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Budaya bukan menara gading yang tak terjangkau oleh masyarakat. 

“Kehadiran Pasar Kamu di Sumut ini menunjukkan kalau budaya tumbuh berkembang bersama masyarakat dan telah terbukti berhasil menggerakkan ekonomi kerakyatan, mengurangi kesenjangan serta mampu menangkal semua pengaruh budaya luar,” sebutnya.

Hendardji berharap, Pasar Kamu bisa dikembangkan di seluruh kabupaten/kota di Sumut dengan karakter budaya masing-masing. 

Sementara, Wagubsu Musa Rajekshah yang turut hadir pada kesempatan itu mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke Pasar Kamu dan kagum dengan budaya yang berkembang didalamnya. Diakuinya, jajanan tradisional dengan penjualnya yang juga memakai pakaian tradisional memberi kesan dan akhirnya memberi saran kepada panitia untuk melaksanakan pengukuhan Pengurus KSBN Sumut di Pasar Kamu. 

“Melalui KSBN ini lah kami harap juga seni budaya di Sumatera Utara bisa terus berkembang,” tutur pria yang karib disapa Ijeck ini sembari memberikan ucapan selamat kepada Ketua KSBN Sumut, Soekirman, Sekretaris Agus Marwan, Bendahara Martina Silaban dan pengurus lainnya yang baru dilantik.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan KSBN Sumut, Dt Adil Freddy Haberham, menjelaskan, pengukuhan Pengurus KSBN Sumut di Pasar Kamu merupakan prakarsa Pembina DPW KSBN Sumut, Musa Rajekshah. 

“Awalnya, pengukuhan tidak dilakukan di tempat ini, namun atas prakarsa pembina DPW KSBN, Bapak Musa 

Rajekshah, karena ini berkaitan dengan budaya, jadi budayanya harus kental. Harus membumi, maka pelantikan dilaksanakan disini,” paparnya.

Tampak hadir, Wakil Ketua DPRD Sumut, Harun Mustafa Nasution, Wakil Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima, Wakil Ketua DPRD Deliserdang, Tuanku Ahmad Tala’a, Pangeran Sergai, Tengku Ahmad Syafei, dan lainnya. Fey

Komentar

Berita Terkini