|

Sergai Targetkan Cetak 1.000 Ha Sawah Baru

Bupati Sergai, H Darma Wijaya SE, meninjau areal persawahan di kawasan Pantai Cermin, Rabu (31/03/2021). Foto Ist

Pantai Cermin- Pihak Pemkab Serdangbedagai (Sergai) menargetkan untuk mencetak 1.000 hektar (ha) sawah baru hingga tahun 2024.

"Target cetak sawah baru itu untuk mendukung program Presiden Jokowi yang menginginkan Indonesia swasembada beras," papar Bupati Sergai, H Darma Wijaya SE, saat meninjau areal persawahan di kawasan Pantai Cermin, Rabu (31/03/2021).

Selain cetak sawah baru, pihaknya juga berencana membangun infrastruktur pertanian berupa irigasi yang kerap dikeluhkan para petani.

"Serdangbedagai ini merupakan lumbung padi kedua di Sumatera Utara setelah Deli Serdang. Kita harap dengan program mencetak 1.000 hektar lahan persawahan yang baru, Sergai menjadi lumbung padi nomor satu se Sumatera Utara, bahkan nasional," sebutnya.

Guna mewujudkan target cetak sawah baru itu, pihaknya akan menggandeng tokoh masyarakat dan kelompok tani. Apalagi, kata Darma Wijaya, potensi lahan persawahan tersebar di seluruh kecamatan, terkhusus di 5 Kecamatan yakni di Bandar Klippah, Teluk Mengkudu, Pantai Cermin dan Perbaungan.

Salah seorang petani di Pantai Cermin, Syaiful Amri, membenarkan potensi tersebut. 

"Kita harap Pemerintah membantu pembangunan dan perbaikan infrastruktur irigasi, sehingga petani bisa lebih mudah. Ini juga meningkatkan kesejahteraan petani," pintanya dihadapan Bupati Darma Wijaya. Bewe


Komentar

Berita Terkini