|

Bangun Simalungun, Amran Sinaga Prioritaskan Lima Program

Balon Bupati Simalungun periode 2020-2025, Ir H Amran Sinaga MSi diapit Bendahara DPC PDIP Simalungun, Rospita Sitorus dan Rektor Universitas Simalungun, Dr Corry Purba MSi, beberapa waktu lalu. Foto Maman 
Parapat- Bakal calon (Balon) Bupati Simalungun periode 2020-2025, Ir H Amran Sinaga MSi memprioritaskan lima program kerja untuk membangun kabupaten berfalsafah 'Habonaron Do Bona' (segala sesuatunya harus berpangkal dari suatu kebenaran untuk menghindari kesalahan dalam bertindak, red). Lima prioritas dimaksud yakni infrastruktur, pertanian, pariwisata, kesehatan dan pendidikan.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, hal itu harus kita lakukan dengan meningkatkan pengelolaan tata pemerintahan yang baik. Dengan pengelolaan tata pemerintahan yang baik, kita bersama rakyat membangun untuk meningkatkan kesejahateraan rakyat,” ungkapnya saat memaparkan visi dan misi dihadapan pengurus DPC PDIP Simalungun dan ratusan kader kecamatan dan ranting di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (20/02/2020).

Sebagai langkah awal setelah terpilih, kata Amran, membangun infrastruktur jalan memadai untuk menghubungkan hingga ke wilayah pedesaan. Menurutnya, Kabupaten Simalungun memiliki jalan sepanjang 1.830 km yang membentang di 32 kecamatan dan 413 desa/kelurahan. Bila hanya mengandalkan dana dari APBD, kata Amran, maksimal hanya 200 km yang terbangun.

"Nanti itu ada teknis dan cara agar bisa dilakukan percepatan dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur," tuturnya dalam acara yang dihadiri Ketua DPC PDIP Simalungun, Samirin Girsang, Bendahara DPC PDIP Simalungun yang juga anggota DPRD Simalungun, Rospita Sitorus, Rektor Universitas Simalungun (USI), Dr Corry Purba MSi, Angota DPRD Simalungun, Mariono, pengurus PDIP Simalungun Candra, Kapolsek Parapat, AKP Irsol, Danramil Girsang Sipangan Bolon, Camat Girsang Sipangan Bolon, Lurah dan para Pangulu (Kepala Desa) serta unsur pemerintahan kecamatan dan masyarakat kelompok tani.

Ia memuji program Dana Desa yang dinilai sangat baik, terutama dalam percepatan pembangunan infrastruktur desa. Berkat Dana Desa, mayoritas jalan di pedesaan telah berbentuk rabat beton. Namun, jalan kabupaten menuju desa relatif belum mulus.

"Itu yang akan kita benahi, sehingga jalan kabupaten menuju pedesaan tidak lagi berlubang dan bergelombang," tutur Amran yang juga Wakil Bupati Simalungun saat ini.

Amran Sinaga bersama sejumlah kader DPC PDIP Simalungun menanam bibit pohon di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Kamis (20/02/2020). Foto Maman
Amran juga memprioritaskan sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian mayoritas masyarakat Simalungun. Saat ini, berkisar 60-70% masyarakat di Kabupaten Simalungun hidup dari sektor pertanian.

"Saya prihatin karena masih banyak permasalahan yang dihadapi petani, mulai sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, irigasi, benih atau pun bibit dan lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Amran mengenang saat dirinya menjadi Kepala Dinas Pertanian di Kabupaten Simalungun. Dikemukakannya, pupuk bersubsidi untuk petani selalu tercukupi. Begitu juga irigasi yang nyaris tidak pernah bermasalah, sehingga pertanaman berlangsung lancar tanpa hambatan berarti. 

"Kalau Tuhan berkehendak dan mengijinkan PDIP mendukungnya maju sebagai Calon Bupati Simalungun, saya juga akan prioritaskan sektor pertanian sehingga petani tidak terhambat melakukan usaha budidaya pertanian," harapnya yang optimistis bisa segera menyelesaikan persoalan petani ini dengan bekal pengalaman sebagai petugas Penyuluh Pertanian Lapangan, Kepala Bagian, Kepala Bidang hingga menjabat Kepala Dinas Pertanian.

Sektor pariwisata juga menjadi prioritas pembangunan Amran bila dipercaya sebagai Bupati Simalungun periode mendatang. Menurutnya, program pemerintah yang memasukkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia dengan nilai Rp4,1 triliun harus dimanfaatkan Pemkab Simalungun untuk berbenah diri.

"Kalau kita benahi kawasan wisata di Simalungun, termasuk membangun dan menata jalan lingkar agar wisatawan betah, sehingga bisa menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah, termasuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan menghidupkan pelaku usaha kecil dan menengah," urainya.

Amran Sinaga bersama sejumlah pengurus DPC PDIP Simalungun. Foto Maman
Di bidang kesehatan, Amran menjelaskan, Kabupaten Simalungun memiliki tiga rumah sakit dan 34 puskesmas. Keberadaan Puskesmas nantinya dijadikan sebagai pelayanan kesehatan dasar, sementara, rumah sakit dinaikkan kelas dan kualitas pelayanannya menjadi tipe B dan tipe A, agar masyarakat Simalungun tidak lagi harus ke luar kota atau ke luar negeri untuk berobat. Apalagi, sumber daya manusia di bidang kesehatan yang dimiliki Simalungun tergolong cukup.

"Kita akan melengkapi peralatan medis di rumah sakit Simalungun yang akan membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan," ujarnya.

Sektor pendidikan tak luput dari perhatian Amran Sinaga. Bahkan, ia menjanjikan anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu tetap mendapatkan pendidikan yang layak. Honor para guru yang berkisar Rp1 juta per bulan turut menjadi prioritasnya.

"Honor para guru harus ditingkatkan agar lebih bersemangat dalam mengajar anak didik," tegas pria yang sejak SD hingga menempuh pendidikan sarjana strata II di wilayah Kabupaten Simalungun. 

Berdasarkan pengamatan, dua Balon Bupati Simalungun lainnya, Anton Saragih dan Hasim turut memaparkan visi-misinya. Maman



Komentar

Berita Terkini