|

Gubsu Pantau Harga ke Pasar Sei Sikambing

Gubsu Edy Rahmayadi dan istri, Hj Nawal Lubis, saat berkunjung ke Pasar Sei Sikambing kawasan Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (09/04/2021) pagi. Foto Fey

Medan- Gubsu Edy Rahmayadi memantau harga bahan kebutuhan pokok ke Pasar Sei Sikambing kawasan Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (09/04/2021) pagi.

"Pertumbuhan ekonomi kita yang dinilai dari awal itu adalah pasar. Makanya pagi ini saya diam-diam masuk ke mari (Pasar Sei Sikambing Medan, red),” papar Gubsu Edy didampingi Ketua TPK PKK Sumut, Hj Nawal Lubis dan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, usai berdialog dengan sejumlah pedagang pasar.

Ia mengaku sengaja ke pasar tradisional ini sembari berjalan kaki bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumut, dari rumah dinas Gubsu di Jalan Sudirman No 41 Medan. Hal ini mengingat, kenaikan harga bahan pokok yang kerap terjadi menjelang hari besar keagamaan. 

"Saya lihat tadi, harga-harga masih sesuai, limit atas dan bawah masih ketemu," ujarnya.

Kendati demikian, Gubsu Edy juga menemukan sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan hingga berada di ambang batas tertinggi. Beberapa diantaranya seperti harga telur ayam dan daging segar, khususnya has dalam yang berkisar Rp120 ribu per kilogram.  

"Alasannya klasik, pakan ternak naik. Nanti usai Ramadan, harga turun, terus dibilang pakan ternak turun. Klasik sekali,” sebutnya.

Selain itu, Gubsu Edy menjelaskan, harga cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit juga mulai mahal. Pihaknya berencana tidak hanya memantau di hilir, tetapi perkembangan di hulu. 

“Pihak PD Pasar harus mengikuti perkembangan ini,” imbaunya pada Dirut PD Pasar, Tengku Maya, yang hadir pada saat itu.

Dalam dialog dengan Gubsu Edy sebelumnya, seorang pedagang telur ayam mengaku harga perbutir berkisar Rp1.350, atau mengalami kenaikan senilai Rp50. Bahkan, lanjutya, bila memiliki ukuran lebih besar, harganya mencapai Rp1.500 per butir. 

"Kemungkinan besar harganya akan naik lagi menjelang puasa ini karena banyak permintaan dari masyarakat yang mau membuat kue," ujar pedagang tersebut.

Gubsu Edy Rahmayadi berdialog dengan pedagang Pasar Sei Sikambing, Jumat (09/04/2021). Foto Fey 

Berdasarkan pengamatan, harga bawang putih berkisar Rp26.000 dari sebelumnya Rp22.000 per kg, bawang merah mencapai Rp30.000 per kg dari kisaran harga sebelumnya Rp26.000-Rp28.000 per kg, cabai merah Rp40 ribu per kg dan ayam potong Rp33 ribu per kg dari Rp28 ribu per kg. 

Tampak hadir pada kesempatan itu, Kepala Bank Indonesia Sumut, Soekowardojo, Kepala KPPU Kanwil I Medan, Ramli Simanjuntak, Pimppinan Perum Bulog, Arif Mandu, Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Azhar Harahap, Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Bahruddin Siregar, serta Kadis Koperasi dan UKM Sumut, Suherman. Fey

Komentar

Berita Terkini