|

Kancabdis Pendidikan Siantar-Simalungun tak Layak

Kantor cabang dinas (Kacabdis) Pendidikan Siantar-Simalungun yang minim fasilitas dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Jumat (16/10/2020). Foto Herman Pane  

Siantar- Kantor Cabang Dinas (Kancabdis) Pendidikan Kota Pematangsiantar-Simalungun di kawasan Jalan Pdt J Wismar Saragih Siantar tidak layak huni. Demikian dikemukakan Anggota KOmisi E DPRD Sumut, H Dhodi Thahir, saat berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu, Jumat (16/10/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

"Kondisi kantor yang kecil berikut sarana dan prasarana pendukungnya yang minim tidak sepadan dengan tugas pokok dan fungsinya menaungi seratusan sekolah di wilayah Kota Siantar dan Kabupaten Simalungun," paparnya usai bertemu dengan Kepala UPT Kancabdis Pendidikan Siantar-Simalungun, Darwin Erikson Purba SSi MSi.

Politisi Partai Golkar ini mengaku prihatin melihat sarana dan prasarana minim yang dimiliki Kancabdis Pendidikan Siantar-Simalungun. Padahal, kata Dhodi, pembinaan terhadap 159 sekolah menjadi tanggungjawab institusi tersebut. Selain itu, pihak Kancabdis Pendidikan juga tidak memiliki kendaraan operasional memadai untuk mendukung tugas kesehariannya.

"Saya akan sarankan ke rekan-rekan di DPRD Sumatera Utara agar Kancabdis Pendidikan Siantar-Simalungun mendapatkan kantor berikut sarana dna prasarana pendukung yang lebih layak," sebutnya.

Ia mengaku, kunjungan ke Siantar merupakan bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki anggota DPRD Sumut. 

"Ini akan menjadi masukan untuk pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk lebih memperhatikan UPT di bidang pendidikan yang ada di wilayah ini," ujarnya.

Anggota Komisi E DPRD Sumut, H Dhodi Thahir mendengarkan penjelasan Irwan L Siregar, Kepala UPT Pelayanan Sosial Tuna Rungu Wicara dan Lanjut Usia  di bawah naungan Dinas Sosial Provsu, Jumat (16/10/2020). Foto Fey

Pada kesempatan itu, Dhodi Thahir juga berkunjung ke UPT Pelayanan Sosial Tuna Rungu Wicara dan Lanjut Usia di kawasan Jalan SM Raja Siantar. Dipandu Kepala UPT setempat, Irwan L Siregar, Dhodi berkeliling areal milik Dinas Sosial Provsu. Tampak, kondisi bangunan nyaris tidak terawat. 

"Lokasi ini sebenarnya sangat bagus untuk perkantoran karena banyak bangunan yang ada dibiarkan tidak berpenghuni," tukasnya.

Dhodi berjanji segera menyampaikan hasil kunjungan itu ke pihak Pemprovsu agar bisa ditindaklanjuti. Fey       


Komentar

Berita Terkini