|

BKP Medan Gelar Bimtek Penulisan Berita

Sejumlah nara sumber dan moderator dari praktisi media massa foto bersama dengan para peserta Bimtek Penulisan Berita di Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, kawasan Dusun Lestari desa Pasar V Kebun kelapa Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Selasa (13/10/2020).

Beringin- Guna meningkatkan kemampuan staf Bagian Kehumasan Balai Karantina Pertanian (BKP) kelas II Medan, sejumlah praktisi media massa diundang menjadi nara sumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan dan Penderasan Berita, di Aula kantor tersebut kawasan Dusun Lestari desa Pasar V Kebun kelapa Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Selasa (13/10/2020).

Kepala BKP Kelas II Medan, diwakili Kasubbag Tata Usaha, Prima Indra SE MSi, berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan para peserta, terutama dalam penulisan berita seputar kinerja institusi BKP Medan. 

"Manfaatkan Bimtek ini untuk menambah pengetahuan seputar penulisan berita hasil kinerja di wilayah kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan," imbaunya yang saat itu didampingi Kasi Tumbuhan, Sudiwan Situmorang.

Sementara, narasumber yang merupakan praktisi media massa di Kota Medan, Lisbon Situmorang, menyatakan, format berita harus memberikan informasi lengkap kepada para pembaca dengan memenuhi unsur 5W + 1H. Begitu juga dalam struktur penulisan berita, lanjutnya, penulis harus menyajikan info terpenting di awal tulisan. 

"Di perusahaan media massa, ada prosedur ketat yang harus dilalui sebelum berita diterbitkan untuk meminimalisir kekeliruan dalam pemberitaan," sebut wartawan di salah satu media massa terbitan Kota Medan ini.

Pada kesempatan itu, hadir Ferdy Siregar yang menyajikan materi seputar foto jurnalistik. Menurutnya, foto jurnalistik sangat penting dikuasai para personil yang bertugas di bidang kehumasan. Ia juga menjelaskan teknik pengambilan foto yang baik dan benar kepada para peserta yang mengikuti kegiatan bimtek.

Berdasarkan pengamatan, sebanyak 20 peserta bimtek terlihat antusias mendengarkan para pemateri. Apalagi, sang moderator, Irianto SH, tergolong piawai memancing para peserta untuk terlibat berinteraksi dengan nara sumber. Fey   

Komentar

Berita Terkini